Uncategorized

Apa itu WFH? Tips buat kamu yang WFH

Selama masa  pandemic COVID-19 ini, pemerintah menghimbau agar belajar dan bekerja dari rumah sehingga beberapa perusahaan sudah menerapkan kebijakan WFH.

Apa itu WFH?

WFH adalah singkatan dari work from home yang berarti bekerja dari rumah. Secara umum biasanya work from home diartikan dengan cara kerja karyawan yang berada di luar kantor. Entah dari rumah, dari cafe atau restoran sesuai dengan keinginan karyawan. Sistem kerja wfh memang memiliki fleksibilitas yang tinggi. Hal ini guna mendukung keseimbangan karyawan antara pekerjaan dan kehidupan. Dalam hal ini disarankan agar bekerja dari rumah masing-masing guna menerapkan physical distancing (menjaga jarak fisik).

 

 

Berikut beberapa tips untuk kamu yang bekerja dari rumah.

Tips WFH

  1. Miliki ruang kerja

Ruang kerja disini bukan berarti ruangan khusus seperti di kantor. Kamu bisa siapkan sebuah meja dan kursi yang nyaman pastinya tanpa mengurangi sisi poduktif dalam menyelesaikan pekerjaan. Pilih bagian sudut di rumah kamu untuk menempatkannya. Hindari tempat-tempat yang membuat kamu malas dan membuat kamu ingin santai, seperti sofa atau tempat tidur kesayangan.

  1. Tetapkan jam kerja

Cobalah untuk bekerja sesuai dengan jam kerja di kantor, misal di kantor kerja dari jam 08.00 – 17.00. Maka lakukan jam yang sama ketika kamu work from home. Begitu juga untuk jam istirahat, lakukanlah seperti di kantor. Saat istirahat kamu bisa beranjak dari tempat dudukmu, lakukan jalan sekitar halaman rumah agar kamu tidak stress atau bosan karena terlalu lama duduk. Atau memanfaatkan waktu istirahat dengan menikmati makanan kesukaan.

  1. Pakaian kerja

Dengan kondisi bekerja dari rumah, mungkin kamu akan malas menggunakan pakaian kerja atau pakaian formal. Mungkin kamu berpikir bisa dengan pakaian ala kadarnya misalnya piyama tidur atau kaos oblong santai.

Cobalah untuk berpaikan rapi layaknya kamu bekerja, karena ini akan mempengaruhi mood kamu dalam beraktifitas atau produktifitas kerjamu. Apalagi jika kamu harus menerima video call dari atasan, klien atau meeting online.

  1. Komunikasi dengan keluarga

Mungkin sebagian orang di rumah kamu belum mengerti tentang bekerja dari rumah. Kasih pengertian kepada mereka bahwa kamu sedang melakukan pekerjaan sehingga bisa ditetapkan jam berapa saja bisa diganggu. Terlebih lagi bagi anak-anak.

Siapkan kegiatan untuk anak-anak, misalnya dengan menyediakan alat gambar bisa juga dengan menyiapkan tayangan video atau film serial anak untuk di tonton. Jika memungkinkan bisa juga dengan meminta bantuan dari orang lain di rumah kamu untuk membantu menjaga anak-anak. Sehingga tidak mengganggu produktifitas dan menurunkan kinerjamu pada perusahaan.

Demikian beberapa tips, semoga bermanfaat ,,,

Semoga pandemic COVID-19 segera berlalu, sehingga kita bisa beraktifitas kembali seperti biasa..Amiin

 

‘— dikutip dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *